LOMBA UPACARA BENDERA

  ERA   PANDEMI TETAP GIAT MENGUKIR PRESTASI: UPACARA PANSA MENGUKIR NASIONALISME DALAM DADA   Rintik hujan menjadi saksi bisu Merah...

 ERA  PANDEMI TETAP GIAT MENGUKIR PRESTASI:

UPACARA PANSA MENGUKIR NASIONALISME DALAM DADA

 

Rintik hujan menjadi saksi bisu

Merah putih berkibar dalam syahdu

nasionalisme mengakar, membakar dadaku….

November Ceria Pansa mengukir cerita,  bulan November merupakan salah satu bulan bersejarah di Indonesia, tanggal  10  November ditetapkan sebagai hari Pahlawan.  Hal ini dilakuakn dengan berbagai cara salah satunya dengan menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik. Salah satu realisasi karakter kebangsaan dan nasioanalisme berupa kegiatan upacara di sekolah setiap hari Senin. Namun, keberadaan covid-19 telah mengakibatkan upacara tiada terlaksana. Era pandemi tidak menyurutkan pemerintah  Bantul  dalam meningkatkan wawasan kebangsaan  dan nasionaliasme. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul berupaya meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme masyarakat Bantul khususnya peserta didik dengan mengadakan Lomba Upacara  Tingkat SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bantul tahun 2021.  Lomba tingkat SMP diikuti 17 SMP  yang masing-masing mewakili kapanewon di Kabupaten  Bantul.  Kapanewon Pandak diwakili oleh SMP 1 Pandak atau Pansa.

            Pansa sebagai peserta aktif mengikuti peraturan dan prosedur lomba yang diawali dengan mengikuti technical meeting lomba pada hari Jumat, tanggal 22 Oktober 2021 di Ruang Rapat Kesbangpol Kabupaten Bantul  Jl. Bantul KM 7,5 Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Setelah mengikuti technical meeting, Pansa sigap, gercep  mempersiapkan diri dengan semangat membara menyambut kemunculan jadwal lomba. Adapun jadwal lomba tingkat  SMP dan SMA dimulai pada tanggal 1 November 2021 di SMP N 1 Kasihan dan berakhir tanggal 29 November di SMA N 1 Kretek. Sementara itu jadwal lomba Pansa jatuh pada tanggal 11 November 2021 ( yups, tanggal cantik 11.11).

            Hari yang ditunggu dan dirindu warga Pansa telah tiba. Kamis, 11 November 2021 disaksikan hujan deras peserta lomba Pansa menerabas hujan deras, langkah-langkah tegap, tegas  tetap mendaras, semangat lomba tiada batas, hujan bukanlah penghalang untuk berperang menggapai menang Aamiin. Peserta Lomba Pansa tetap siap siaga menunggu keputusan dan kebijakan dewan yuri. Hujan yang enggan bersahabat akhirnya membawa pada keputusan yuri untuk menunda lomba dengan memberikan alternative sekaligus solusi antisipasi, yaitu melakukan upacara di GOR SMP 1 Pandak. Bukan warga Pansa kalau menyerah karena tantangan, karena peserta lomba yakin tantangan adalah awal menggapai kemenangan. Oleh karena itu, dengan senang hati, legawa  Pansa menerima keputusaan            tersebut. Peserta lomba  langsung action berlatih sampai titik darah penghabisan. Yupz …mantap.

            Jumat pagi nan berkah, 12 November 2021 suasana lebih cerah dibandingkan “tanggal cantik yang menarik di antara pelik “ Warga Pansa khususnya peserta lomba upacara ceria di antara doa menyambut kedatangan yuri lomba yang tegap perkasa penuh wibawa. Cie…cie, yang jelas peserta lomba Pansa  juga tidak kalah, mereka  tegap perkasa nan memesona, siap menggikuti lomba.

Sesuai jadwal pukul 07 .00 WIB peserta lomba upacara SMP 1 Pandak  bersiap  di lapangan.  Lomba upacara dimulai disaksikan rintik hujan yang menimbulkan suasana semakin hikmad, syahdu di kalbu. Secara garis besar susunan acara upacara lomba meliputi acara persiapan, pendahuluan, acara pokok, acara penutup,dan acara tambahan.

Acara persiapan dimulai dari mempersiapkan kelengkapan upacara sampai dengan pengambilalihan pimpinan upacara. Persiapan perlengkapan dilakukan oleh kru, yaitu  Pak Nunung Dwi Wibowo, A.Md. dan kawan-kawan. Setelah perlengkapan siap, petugas serta barisan peserta juga harus siap. Masing-masing ketua kelompok menyiapkan barisanya. Dalam hal ini kelompok barisan 1 dipimpin oleh Muhammad Chico R, kelompok 2 dipimpin oleh Endahing Galuh, dan kelompok 3 dipimpin oleh Kholis Nur Oktaviani.  Barisan Bapak Ibu guru dengan baju PDH juga siap memesona. Semua pemimpin barisan  dengan tegap dan tegas menyiapkan barisannya. Setelah itu Khalif Aqil Satriawan selaku pemimpin  upacara dengan tegap, tegas, dan memesona melangkah menempatkan diri sebagai pemimpin upacara. Kedatangan pemimpin  pemimpin upacara  disambut dengan pengormatan yang dipimpin oleh ketua kelompok yang paling kanan. Ketua kelompok kemudian melaporkan kesiapan kelompoknya. Laporan kelompok usai dilanjutkan laporan pengatur upacara oleh Albert Widyo Siswoyo    bahwa upacara siap dimulai. 

Acara pokok upacara bendera  hari Jumat tanggal 12, November 2021 dalam rangka mengikuti lomba dimulai.  Sheryl Aulia Puspita memandu jalannya upacara. Susunan acara pokok mengikuti urutan acara yang telah dipersiapkan dan menyesuaikan juknis Kesbangpol Bantul.  Adapun secara rinci susunan acara meliputi :

1.       pembina upacara memasuki tempat upacara .

2.       penghormatan kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara.

3.       laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara siap dimulai.

4.       pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan  indonesia raya.

5.       mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara.

6.       pembacaan teks pancasila oleh pembina upacara,diikuti oleh seluruh peserta upacara.

7.       pembacaan teks pembukaan undang-undang dasar tahun 1945

8.       amanat pembina upacara, barisan diistirahatkan.

9.       menyanyikan lagu wajib nasiona tanah airku

10.   pembacaan do’a.

11.   laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara telah selesai.

12.   penghormatan kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara.

13.   pembina upacara  meninggalkan tempat upacara.

14.   upacara selesai barisan dibubarkan

Acara pertama dimulai, Bapak Hariyono, S.Pd selaku pembina upacara memasuki lapangan upacara, dilanjutkan acara kedua yakni pemberian pengormatan umum. Acara ketiga, Khalif Aqil Satriawan selaku pemimpin upacara dengan tegas dan berwibawa melaporkan kesiapan upacara untuk segara dimulai. Laporan diterima dengan tegas penuh wibawa oleh

Acara keempat adalah acara nan syahdu dan sangat dirindu, yaitu pengibaran bendera diiringi lagu Indonesia Raya. Tiga petugas bendera nan ganteng dan cantik memesona yaitu Fauzia Lina Dewanti, Nur Ikhsan, dan Atifah    Azarifah Eka P melaksanakan  amanah mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan penuh tanggung jawab melangkahkan kaki dengan tegap sehingga bendera dapat berkibar megah di antara langit kelabu. Tiga serangkai kembali ketempat peraduannya kemudian dilanjutkan acara kelima, yaitu mengheningkan cipta. Evarista  Shevina Haning selaku dirigent memainkan tangannya dengan luwes memimpin paduan suara dengan merdu dan penuh penghayatan. Peserta upacara menundukan kepala mengenang jasa para pahlawan dengan penuh haru, tentunya sekian purnama tidak mengheningkan cipta.

Hening cipta usai, dilanjutkan  penyerahan teks Pancasila dari  Sakti Muhammad  Hasya selaku pembawa teks Pancasila kepada pembina upacara. Pembacaan teks Pancasila dipimpin oleh Bapak Haiyono, S.Pd. dan diikuti peserta upacara memecah keheningan di tengah rintik hujan, meninggalkan rasa kebangsaan yang menghujam hati menanam kepribadian dalam segenap “langkah perjalanan”.

Acara ketujuh yang tidak kalah ditungu-tunggu yaitu  pembacaan Pembukaan UUD 1945. Pembacaan Pembukaan  UUD 1945 dibacakan oleh Vanesya  Ayudya dengan suara lantang, tegas tentunya cukup memukau peserta upacara, selain   memecah keheningan pagi pula.

Acara demi acara telah dilalui, akhirnya sampai pada acara kedelapan, amanat upacara. Acara   yang menarik untuk didengarkan dan menggelitik hati untuk disimpan. Selama kurang lebi 10 menit Bapak Hariyono selaku pembina upacara menguraikan tentang wawasan Pluralisme Kebangsaan di Masa Pandemi Covid-19 yang intinya tentang menghargai perbedaan. Sungguh  acara   yang menarik untuk didengarkan, menggelitik hati untuk disimpan, menambah wawasan kebangsaan,  dan tiada pantas dilupakan, mengesankan.

Kesan mendalam tentang nasionalisme dan kebangsaan di hati peserta upacara tampaknya semakin membuncah yang  diekspresikan ketika  menyayikan lagu wajib nasional Tanah Airku. Peserta upacara tampak menyanyikan lagu Tanah Airku dengan penuh penghayatan,  merdu mendayu kembali mengusik kalbu….Ah, Indonesiaku aku sangat mencintaimu….

Suasana haru biru yang melingkupi kegiatan upacara dibingkai  doa yang dipimpin  oleh Wahyu Nur Cahyo dengan khusuk. Pembacaan doa yang hikmat tersebut  sebagai penanda acara kesepuluh dalam upacara telah  terlaksana. Usai pembacaan doa pemimpin upacara melaporkan kepada pembina upacara  bahwa upacara telah selesai. Selanjutnya Khalif Aqil Satriaan memimpin penghormatan umum kepada pembina upacara.

Acara pokok upacara dalam rangka lomba telah selesai. Acara selanjutnya adalah acara penutup yang ditandai dengan pembina upacara meninggalkan tempat upacara. Pemimpin upacara kemudian memberikan aba-aba barisan dibubarkan. Upacara dalam rangka lomba selesai. Rasa syukur peserta upacara   diungkapkan dengan berbagai eskpresi. Bahagia pun buncah, pecah, segenap doa tengadah semoga semua membawa hikmah dan barokah, Pansa, jaya. Pansa, adiwiyata. Pansa,sehat. Pansa, juara. Aamiin.








COMMENTS

Name

8 standar,1,AKM,1,Akreditasi.perpustakaan,1,Assesmen,1,BNN,1,daring,1,Darsiti,1,Diagnostik,1,Dinas Lingkungan Hidup,1,DRIVE THROUGH,1,hari guru,1,Informasi,93,Kegiatan Sekolah,4,Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bantul,1,latihan dasar kepemimpinan,1,LDK,1,literasi,1,LKPD,1,Magot,1,Narkoba,1,Nasih Widya Yuwono,1,Numerasi,1,O2SN KABUPATEN BANTUL,1,obat terlarang,1,online,1,Pandak,1,pandemi,1,PANSA,1,pengelolaan sampah organik,1,penyuluhan,1,penyusunan modul,1,PERSADA,1,PGRI,1,Prestasi,2,psikologi,1,SOP,1,tidak turun dari kendaraan,1,Tisyo Haryono,1,Workshop,3,
ltr
item
SMP N 1 Pandak: LOMBA UPACARA BENDERA
LOMBA UPACARA BENDERA
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhiccRqKvQKjLC6g89faNCQIr8YynX2hGr152gxXdutXYrBM9hlsJuaDlTpcks3N77FZ8Mkyu2ZLz-MXawKlxJ0jNMQ5t04LZXDS5lSCX99h_JIo2F_SuBUPtZxvB4mXjuC3e5Z_O-Z1nHTKQN0jMizItTuba1Mkm0pe4MNbpNVYXiB_BJUmnugUOcZ=w400-h266
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhiccRqKvQKjLC6g89faNCQIr8YynX2hGr152gxXdutXYrBM9hlsJuaDlTpcks3N77FZ8Mkyu2ZLz-MXawKlxJ0jNMQ5t04LZXDS5lSCX99h_JIo2F_SuBUPtZxvB4mXjuC3e5Z_O-Z1nHTKQN0jMizItTuba1Mkm0pe4MNbpNVYXiB_BJUmnugUOcZ=s72-w400-c-h266
SMP N 1 Pandak
https://www.smp1pandak.sch.id/2021/11/lomba-upacara-bendera.html
https://www.smp1pandak.sch.id/
https://www.smp1pandak.sch.id/
https://www.smp1pandak.sch.id/2021/11/lomba-upacara-bendera.html
true
2985119920573581082
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy